Sebagai Passioners Sejati, Lo Mesti Punya 5 Ciri Ini!

Published by Admin on Senin, 15 Mei 2017 18:34

Kalau kita amati, dari 10 orang yang mencoba mewujudkan impiannya, hanya 1 atau 2 orang yang benar-benar mampu menjadikannya kenyataan. Kenapa? Gampangnya, karena mereka punya bekal tekad, motivasi, dan semangat yang jauh lebih kuat dibandingkan kebanyakan orang; atau lebih singkat lagi, mereka punya passion yang gede banget!

Alasan itu membuat mereka jadi punya mental baja, pantang menyerah, penuh perhitungan, dan cerdas memanfaatkan suasana. Itulah kenapa passion penting banget buat jadi modal lo melakukan sesuatu. Karena dengan passion, lo jadi punya dorongan untuk terus berusaha, walaupun keadaan kadang terasa jauh dari ideal. Intinya, dengan passion, enggak ada yang bisa bikin lo berhenti dari apa yang lo usahain; dan itu modal penting banget untuk sukses!

Coba aja lo liat entrepreneur seperti Steve Jobs, pendiri Facebook Mark Zuckerberg, atau tokoh e-commerce dunia sekaligus pendiri Alibaba, Jack Ma; pebisnis Richard Branson, sampai pemain skateboardlegendaris Tony Hawk; mereka adalah sebagian dari orang-orang besar yang sangat passionate dengan hal yang mereka kerjakan. Dan meski mereka punya karakter yang berbeda-beda, ada beberapa kesamaan ciri di antaranya, yang bisa jadi inspirasi lo untuk mewujudkan mimpi.

Apa saja? Ikuti ulasan 5 ciri orang-orang passionate berikut ini:

Enggak cuma mimpi doang!

Passioners sejati, walaupun mereka bisa menghabiskan banyak waktu untuk menerawang visi mereka dan merencanakan banyak hal tentang hal yang mereka minati, tapi mereka juga orang-orang yang berjuang keras menjadikannya kenyataan. Buat mereka action itu sangat penting!

Meski harus menguras waktu, tenaga, dan pikiran, para Passioners sesungguhnya akan lebih banyak mendorong dirinya untuk melakukan sesuatu yang nyata dari impiannya. Secara gigih juga sabar, mereka merencanakan strateginya, membuat perencanaan, menjalaninya secara bertahap, dan tidak pernah puas untuk terus meningkatkan hasil yang bisa mereka capai. Passionate people are doers!

Mampu membuat orang lain ikut antusias dengan apa yang ia kerjakan

Ada yang bilang, antusiasme itu menular; dan orang yang mampu menularkan antusiasme biasanya memang sangat passionate dengan apa yang ia sampaikan.

Penjelasannya, orang yang yakin dan benar-benar tertarik terhadap sesuatu, dan sangat baik dalam menjalaninya, mampu membuat orang lain ikut tertarik atau bahkan sama antusiasnya dengan dirinya. Sederhananya lagi, kalau ia sendiri sudah 101% yakin dengan yang dijalani atau alami, maka tidak begitu sulit bagi orang lain untuk juga meyakini apa yang ia yakini.

Selain itu, kebanyakan orang mudah bosan dan lelah dengan berbagai persoalan yang ia alami sehari-hari. Dan ketika kehadiran Passioners bisa membuat harinya lebih menarik, optimis, dan menyenangkan, maka dengan mudah perhatiannya tersedot untuk mengikuti antusiasme si Passioners. Begitulah biasanya para Passioners mempengaruhi orang lain.

Baca juga: Ini 5 Buat Mewujudkan Mimpi Lo Jadi Kenyataan

Fokus pada prestasi, bukan kompensasi

Passioners sejati itu adalah orang-orang yang tekun bekerja untuk mewujudkan apa yang direncanakan, dan fokus pada bagaimana cara menghasilkan lebih baik dari yang diharapkan.

Mereka orang-orang yang menerima masalah dan mencari solusi, dan buat mereka, menjalani pekerjaan bukan untuk mencari gaji, tapi proses pengembangan diri. Bukan berarti mereka tidak perlu penghasilan; tapi lebih karena mereka orang-orang yang sejak awal sangat percaya dengan kemampuan dirinya, dan merasa lebih puasa saat mereka mampu menuntaskan pekerjaan lebih baik dari yang lain; sehingga jadi ada semacam keyakinan bahwa dari hal itu, kelak penghasilan yang akan mengikuti gerakan mereka, bukan sebaliknya.

Berpikir dan bersikap positif

Mereka yang passionate terhadap apa yang mereka kerjakan tidak tertarik menghabiskan waktu bersama orang-orang yang berpikir negatif, suka mengeluh, dan lebih membahas masalah ketimbang solusi. Mereka orang-orang yang secara konstan menjaga semangat untuk selalu antusias dan tidak terjebak pada hal-hal yang potensial menghalangi langkah mereka untuk terus berkembang.

Para Passioners sesungguhnya selalu melihat sisi baik dari tiap persoalan, menarik pelajaran yang bisa membuat ia jadi lebih baik lagi dari sebelumnya, dan bersedia menjalani ribuan cara berbeda untuk menuntaskan pekerjaannya meski sering kali terasa membosankan dan melelahkan. Buat mereka, mengeluh itu hanya urusan orang-orang yang lemah.

Fokus, fokus, dan fokus

Ciri berikutnya dari orang yang passionate adalah fokus. Mereka punya kemampuan untuk memusatkan perhatian penuh pada pencapaian dan kualitas pekerjaan dengan sangat baik. Jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengerjakan sesuatu, maka mereka akan berpikir untuk membuatnya lebih efisien. Mereka fokus pada tujuan, yang akhirnya membuat mereka berfungsi sangat baik pada prosesnya.

Urusan fokus ini juga membuat mereka mampu menentukan dan menjalani langkah demi langkah mencapai tujuan dengan cermat. Selain itu juga, fokus membuat mereka matang secara emosional. Kalau pun mereka belum mencapai yang diinginkan, mereka bersikap tenang, memperbaiki diri, dan kembali berusaha. Daya juang mereka jauh dari kemungkinan menyerah di tengah jalan.

Nah, sekarang bagaimana dengan lo? Apakah lo ngerasa sudah memiliki sederet ciri di atas? Memang enggak mudah, dan itulah alasannya kenapa hanya 1 atau 2 orang dari 10 yang bisa berhasil, meski semuanya mengusahakan hal yang sama. Tapi kalau lo emang Passioners sejati, tenang aja, semua ciri di atas pasti secara alami sudah mengalir di dalam darah lo!

Dan sebagai Passioners sejati, lo enggak bakalan cuma mimpi dan berencana doang. Lo bakalan punya drive gede banget untuk mewujudkan mimpi lo. Dan untuk itu, mendingan lo jangan buang-buang waktu dan langsung aja ajuin ide project keren lo di passionville.id. Caranya gampang kok, daftarkan diri dan ajukan ide lo di #ProjectPassion #passionville 2017!

Ide project yang paling keren, cermat dan penuh perhitungan, serta punya dampak positif yang nyata buat masyarakat bakalan diwujudkan dengan bantuan mentoring dari para ahli. Nah, tunggu apa lagi, pantau terus perkembangannya di InstagramFacebook, juga akun Twitter-nya. Jadilah Passioners sejati!

Jangan lewatkan artikel: 3 Tips Nemuin Passion Lo yang Terpendam