Personalitas Lo Ternyata Berhubungan Erat dengan Passion Lo!

Published by Admin on Kamis, 15 Juni 2017 17:28

Passioners, kita sudah sempat membahas kalau passion bisa digali dari beberapa pertanyaan tentang seberapa lo suka dengan suatu hal, atau mungkin dari hobi yang memang sudah sering lo lakukan di waktu luang sehari-hari.

Nah, sekarang mungkin enggak sih lo bisa menemukan passion lo, hanya dengan memahami lo itu orang yang seperti apa?

Jawabannya, mungkin banget! Karena menurut banyak ahli, tipe personalitas seseorang bisa sangat erat kaitannya dengan potensi karier orang tersebut. Salah satu indikator personalitas yang populer dikembangkan untuk jadi pemandu karier seseorang adalah Myers–Briggs Type Indicator (MBTI).

Pada model MBTI, personalitas seseorang dipetakan ke dalam kuadran 4 (empat) pola pikir; subjektif, objektif, deduktif (dari umum ke khusus), dan induktif (dari khusus ke umum); seperti pada gambar diatas.

Lalu, bagaimana cara menggunakan indikator? Cara paling sederhana adalah dengan menjawab 4 (empat) pertanyaan di bawah ini:

1. Apakah lo termasuk orang yang introver atau ekstrover?

Orang yang introver biasanya lebih tertutup, serta suka memendam rasa dan pikirannya sendiri ketimbang mengutarakannya pada orang lain. Selain itu juga, ia lebih suka mengamati lingkungan sekitar, ketimbang jadi figur yang aktif berperan. Kalau lo ngerasa sifat-sifat itu lo banget, maka lo adalah introver.

Sementara seorang ekstrover lebih berminat pada hal-hal di luar dirinya, serta bersikap lebih terbuka. Jadi kalau lo ngerasa sebagai orang yang outgoing, ekspresif, dan suka kalau jadi pusat perhatian, bisa dipastikan lo ekstrover.

Dalam MBTI, introver adalah elemen Introversion (I), sementara ekstrover termasuk dalam elemen Extraversion (E).

Baca juga: 3 Tips Nemuin Passion Lo yang Terpendam

2. Gimana biasanya lo menerima atau mengelola informasi?

Kalau lo lebih fokus pada kenyataan yang terjadi, dan merhatiin banget detail dan fakta lapangan, maka lo masuk kategori Sensing (S). Kelompok yang masuk tipe personalitas ini juga lebih tertarik pada ide yang bisa diterapkan secara praktis, dan biasanya menjelaskan sesuatu secara spesifik dan apa adanya.

Sementara kalau lo lebih membayangkan berbagai kemungkinan dari suatu hal, dan lebih mikirin big picture-nya ketimbang hanya apa yang terjadi, maka lo masuk kategori Intuition (N). Orang pada tipe ini juga lebih suka dengan ide-ide besar, walau belum terbayang cara menerapkannya. Mereka juga lebih suka menjelaskan sesuatu secara puitis.

3. Gimana cara lo ngambil keputusan?

Buat lo yang biasanya ngambil keputusan berdasarkan logika dan alasan yang masuk akal, maka lo termasuk kategori Thinking (T). Orang yang termasuk tipe ini biasanya saklek soal aturan, dan tidak terpengaruh pertimbangan emosional.

Sementara kalau lo biasa memutuskan berdasarkan emosi dan empati ke orang lain, karena lo lebih mempertimbangkan parasaan mereka walaupun mesti fleksibel terhadap aturan semestinya, maka lo termasuk kategori Feeling (F).

4. Gimana cara lo ngejalanin hidup?

Dalam pertanyaan terakhir ini, kalau lo termasuk orang dengan personalitas yang mengedepankan perencanaan matang, detail soal tahapan melakukan sesuatu, serta disiplin pada tenggat waktu, maka lo tergolong tipe Judging (J).

Tapi, kalau lo lebih suka membiarkan adanya berbagai kemungkinan, gemar berimprovisasi, dan bereaksi secara spontan, serta suka kejutan dan lebih lentur dalam menjalani rencana, maka lo termasuk kategori Perceiving (P).

Dari 4 (empat) pertanyaan di atas, lo akan mendapatkan satu huruf yang paling mewakili personalitas lo, dari masing-masing pertanyaan. Dan penjelasan dari tiap kombinasi huruf itulah yang bakal menyimpulkan tipe personalitas lo, dan bisa jadi karakteristik yang mempengaruhi kecocokan lo sama kegiatan yang lo pikir passion lo.

Baca juga: 3 Hal yang Membedakan Passion dengan Hobi

Jadi Passioners, simak yuk penjelasan tipe personalitas kamu di bawah ini:

ISTJ - Seorang yang praktis dan berorientasi pada fakta. Bidang yang cocok dengan tipe ini biasanya terkait otoritas, seperti hukum dan pendidikan, seperti hakim atau dosen.

ISFJ - Hangat dan pelindung yang penuh dedikasi. Seorang yang siap membantu orang lain. Biasanya cocok di bidang sosial, kegiatan nonprofit, atau komunitas.

INFJ - Tipikal seorang idealis murni yang menginspirasi. Umumnya cocok di bidang konseling, psikologi, spiritual, hingga kesehatan, seperti dokter.

INTJ - Imajinatif, inovatif, dan seorang pemikir strategi yang selalu memiliki rencana untuk banyak hal. Contoh bidang yang pas dengan tipe ini, seperti arsitek, pengembang software, atau perencana strategi pemasaran.

ISTP - Seorang yang unik, karena spontan tapi suka melakukan eksperimen terhadap banyak hal yang bersifat teknis. Bidang yang cocok bisa seperti ahli mesin, insinyur, atau desainer grafis.

ISFP - Fleksibel dan seorang seniman yang menawan; selalu siap mengeksplorasi pengalaman baru. Tentu saja, tipe ini cocok menjadi seniman, pemusik, atau fotografer.

INFP - Orang baik yang sering kali lebih memedulikan orang lain, dan selalu siap terlibat gerakan yang berdampak buat banyak orang. Tipe ini cocok buat lo yang tertarik menggeluti bidang kesehatan atau pendidikan.

INTP - Tipikal inventor yang haus inovasi dan selalu ingin mempelajari hal baru. Biasanya pas buat lo yang tertarik di bidang matematika, sains, atau menjalani peran sebagai analis.

ESTP - Seorang yang energik, fleksibel, smart, dan menikmati menjalani hidup penuh risiko. Tipikal ini yang biasanya cocok dengan bidang entrepreneurship atau sebagai freelancer.

ESFP - Spontan, energik, dan tipikal seorang yang selalu antusias. Orang yang termasuk tipe ini cocok bergerak di bidang hiburan, event, travel, hingga penjualan (sales).

ENFP - Antusias, kreatif, dan punya jiwa sosial tinggi. Tipikal personalitas ini cocok berada di bidang pemasaran, atau politik dan diplomasi.

ENTP - Orang yang cerdas dan punya keingintahuan tinggi, serta selalu tertantang secara intelektual. Bidang yang pas dengan karakteristik ini, seperti pengacara atau peneliti.

ESTJ - Penggiat administrasi unggul yang teliti dan memiliki kemampuan manajerial yang baik. Biasanya cocok menjalani karier di bidang keuangan, seperti perbankan atau instansi pemerintahan.

ESFJ - Orang yang memiliki jiwa sosial tinggi, sekaligus populer karena kepeduliannya. Bidang yang pas dengan tipikal personalitas ini, bisa penulis atau pengamat di bidang sosial.

ENFJ - Pemimpin karismatik yang menginspirasi orang lain. Karakteristik ini biasanya alami menjadi elemen dari seorang presiden, ulama, atau figur inspiratif seperti Steve Jobs.

ENTJ - Sementara tipe ini lebih seorang pemimpin yang kuat dan mampu menggerakkan orang lain. Biasanya pas berada di lingkungan korporasi, atau bidang bisnis pada umumnya.

Bagaimana? Apakah tipe personalitas lo persis seperti yang selama ini lo pikir, dan cocok dengan bidang yang mau lo tekuni? Yang jelas, apapun karakteristiknya, semua punya keunikan yang bakal jadi bekal buat lo mewujudkan mimpi dan passion lo dalam keadaan yang lebih self-aware.

Dan, begitu lo makin memahami personalitas lo yang sejalan dengan passion, lo pasti udah gatel dan enggak sabar buat merealisasikannya. Kalau begitu, langsung aja klik passionville.id, daftarkan diri lo, dan ajukan ide project keren lo! Karena #ProjectPassion #Passionville2017 memang tempatnya para Passioners buat adu ide gokil dan menjadikannya kenyataan.

Pantau terus ya InstagramFacebook, juga Twitter-nya, biar lo enggak pernah ketinggalan informasi paling update dari Passionville 2017 #PassionForNation