Water Street Mural

Published by Admin on Jumat, 23 Juni 2017 14:05

Kalau kita perhatikan selama ini mural hanya diaplikasi pada tembok saja. Bukankah kita negara yang kreatif? Mengapa tidak coba belajar dari negara lain dengan mengaplikasi pada jalanan di taman/lokasi-lokasi yang sepi pengunjung, jadi menarik perhatian orang agar mau berkunjung ke lokasi tersebut? Bukan hanya mural biasa yang diaplikasikan ya, tetapi menggunakan cat khusus bernama Hydrochromic Paint.

Karakteristik yang dimiliki dari cat ini (Hydrochromic Paint) adalah mampu berubah warna ketika terkena air dalam kondisi suhu udara rendah sekalipun, dapat terlihat langsung oleh mata tanpa perlu bantuan apapun dan dapat berubah warna kembali menjadi putih/transparan ketika kering. Contoh gambar yang dilampirkan adalah proyek dari Pantone yang berkolaborasi dengan direktur Institut Seni dan Desain Chicago untuk mengubah Seoul, jalanan Korea selama musim hujan yang suram. Proyek yang berjudul Monsoon Project dimulai dengan tim kreatif mengecat jalan muram Seoul dengan cat hidrokromik untuk membentuk mural warna-warni yang diilhami oleh budaya Korea Selatan.

Lokasi yang sepi pengunjung dan diaplikasi dengan mural hidrokromik akan mendapat nilai tambah (baik di mata wisatawan lokal/mancanegara) sehingga mendapat pemasukan dari nilai ekonomi. Selain itu, segi artistiknya juga bertambah sehingga lokasi tersebut menjadi lebih berwarna.

Bagaimana menurutmu?

Sumber foto: http://mymodernmet.com/pantone-project-monsoon/