Thermochromic LC (Liquid Crystal) Wall

Published by Admin on Jumat, 23 Juni 2017 13:15

Pernahkah terpikir untuk membuat dinding suatu ruang publik (entah itu di airport/stasiun) menjadi menarik sehingga orang-orang yang menunggu di sana tidak menjadi jenuh? Sebagai seseorang yang menyukai seni saya sering memperhatikan keadaan disekelilingku dan melihat banyak orang yang kreatif namun sulit untuk menyalurkan bakatnya. Di sini saya melihat suatu potensi untuk menjadikan dinding ruang publik yang statis menjadi lebih dinamis menggunakan Thermochromic Liquid Crystal (TLC).

Thermochromism adalah zat untuk berubah warna karena adanya perubahan suhu. Cincin mood adalah contoh bagus dari fenomena ini, namun thermochromism juga memiliki kegunaan yang lebih praktis, misalnya diaplikasikan pada mug (berubah menjadi warna yang berbeda saat cukup dingin untuk diminum) atau termometer dengan batasan suhu tertentu.

Dinding yang dilapisi TLC bermanfaat ketika ditempatkan di ruang tunggu misalnya yang mana terdapat banyak anak kecil, anak-anak itu akan belajar menyalurkan energi mereka (menggambar dengan suhu tubuh melalui jari mereka) pada dinding TLC tersebut sehingga mereka tidak rewel ketika harus menunggu lama. Masih butuh penelitian untuk saya apakah TLC dapat ditempatkan di bawah sinar matahari langsung atau tidak, tapi tentunya lebih aman jika TLC terlindung dari panas langsung dan hujan.