Pingin Musik Lo Punya Dampak Sosial yang Nyata? Ikuti Tipsnya Berikut Ini!

Published by Admin on Jumat, 25 Agustus 2017 17:44

Buat lo semua yang passionate banget dengan dunia musik, kebanyakan dari lo pasti tahu kalau sekarang ini ada banyak banget cara buat mewujudkan impian lo menciptakan musik dan mempopulerkannya secara mandiri. Teknologi memungkinkan lo untuk melakukan home recording, dan lo bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan karya musikal lo.

Tapi, apakah lo pernah terpikir untuk memberdayakan lingkungan sekitar lo, dan menginspirasi mereka, lewat musik?

Terkait hal itu, mungkin lo pernah dengar kalau sempat ada sebuah project album rap yang menampilkan anak-anak dari rumah singgah Dilts Foundation. Nama project-nya #SKUBYB, yang artinya “Si Kecil Untuk Bangsa yang Besar”.

Untuk merealisasikan album tersebut, setidaknya 50 anak diseleksi, hingga terpilih tujug anak untuk mengikuti workshop musik selama dua bulan, sebelum akhirnya memasuki dapur rekaman. Hasilnya adalah album dan lagu yang tersebar di media sosial, lewat hashtag #SKUBYB; yang didukung oleh musisi seperti Joshua Matulessy, Glenn Fredly, hingga selebriti Gading Marten.

Salah satu lagu yang populer dari album tersebut adalah “Tawuran” yang dinyanyikan oleh Daniel, dan perilisan musiknya sendiri dibantu oleh Demajors Independent Music Factory.

Project tersebut menunjukkan, bahwa musik bisa lebih dari sekadar komposisi nada, tapi juga menghasilkan dampak sosial yang positif dan menginspirasi banyak orang, bahkan menggerakkan perubahan.

Apakah lo bisa melakukan hal serupa? Tentu aja bisa! Asal lo tahu cara untuk menjalankan inisiatif musikal yang punya dampak positif buat orang lain, atau memberdayakan mereka yang kurang beruntung; serta bagaimana cara menjaring dukungan untuk mewujudkannya.

Berikut hal-hal yang penting diperhatikan:

Membawa pesan yang jelas dan kuat

Buat sebuah project sosial, lo mesti memiliki pesan yang solid dan mudah dipahami, sekaligus menyentuh emosi banyak orang. Pesan ini tidak bisa terlalu mengawang, tapi tidak juga terlalu dangkal dan menunjukkan dampak jangka pendek.

Seperti #SKUBYB misalnya, mereka menonjolkan pesan yang lugas tentang harapan generasi masa depan Indonesia yang lebih baik. Pesan itupun berhasil menarik simpati dan minat banyak orang untuk membantu terwujudnya project tersebut. Maka itu, penting banget buat lo tahu persis, apa tujuan lo? Apa yang pingin lo ubah dari project musikal lo?

Komunikasikan pesan itu lewat kalimat yang ringkas dan mudah dipahami oleh orang-orang yang pingin lo ajak untuk ngebantuin terealisasinya project lo, dan juga orang-orang yang pingin lo bantu lewat projectitu. Hindari jargon yang sulit dipahami, dan keep it simple!

Menunjukkan nuansa kolaboratif

Project yang ditujukan untuk membuat perubahan mesti terbuka untuk siapa pun memberikan kontribusi, alias kolaboratif. Ingat, lo membutuhkan banyak orang untuk bisa menyebarkan pesan dan memperbesar peluang makin meluasnya dampak positif yang ingin lo sebarkan.

Untuk itu, bangun hubungan dan jejaring dengan berbagai pihak, dan ajak mereka untuk tidak hanya memberikan bantuan finansial, tapi juga kontribusi lain yang bisa membantu makin meluasnya efek sosial yang ingin lo capai.

Mulai dari para komunitas yang relevan, produser musik atau pemilik studio rekaman, para musisi, hingga (jika memungkinkan) brand dan selebriti yang berpotensi meningkatkan amplifikasi pesan yang lo usung lewat project lo.

Langkah paling awal bisa lo mulai dari merangkul teman-teman dan sahabat terdekat lo, serta keluarga untuk mendukung dan menyebarkan pesan dari project lo; karena mereka akan dengan tulus mendukung, dan akhirnya ikut menyebarkan pula ide keren lo.

Membuat materi promosi yang menarik dan mengoptimalkan media sosial

Pesan yang kuat mesti didukung dengan presentasi yang meyakinkan dan menarik minat banyak orang. Maka itu, ajak pula desainer atau pembuat video yang jago mengemas pesan jadi materi menarik. Lalu, manfaatkan media sosial agar desain poster atau video makin tersebar ke banyak orang.

Lagi-lagi, lo bisa memanfaatkan jejaring kolaborasi lo untuk turut menyebarkan materi tersebut agar menjadi viral. Jangan lupa, gunakan hashtags yang catchy dan mudah digunakan banyak orang untuk menyebarkan nilai kebaikan yang lo usung lewat project kreatif itu.

Memilih channel dukungan yang tepat

Pesan sudah jelas, jejaring untuk mendukung terwujudnya project pun terbangun, dan project lo udah mulai dikenal di media sosial. Selanjutnya dan paling penting adalah mewujudkannya. Untuk ini, lo bisa memanfaatkan channel seperti situs crowdfunding macam Kickstarter atau Kitabisa; atau program seperti #ProjectPassion #passionville 2017 di passionville.id.

Untuk kompetisi, pada dasarnya, lo bisa menggunakan semua materi yang lo tentukan pada ulasan sebelumnya di artikel ini; tapi tak kalah praktis juga adalah mengajukan ide project musikal keren lo di passionville.id. Lo tinggal akses situsnya, dan submit ide lo untuk kesempatan mendapatkan dukungan dan bimbingan buat mewujudkan project sosial lo, untuk menginspirasi banyak orang lewat musik.

Nah, gimana? Makin mantap untuk merealisasikan ide musikal yang memberikan dampak nyata buat berkontribusi demi Indonesia yang lebih baik? Pantau terus informasi berbagai project keren yang dasarnya sama, yaitu membuat perubahan positif, di akun InstagramFacebook, juga Twitter #ProjectPassion #passionville 2017!