Passion Butuh untuk Dicari, Ini Kiat Memburunya

Published by Admin on Kamis, 19 Oktober 2017 16:07

Orang-orang sukses punya cara paling umum agar mereka sampai di fase kehidupan mereka sekarang; punya passion, memburunya, dan selalu fokus di jalur itu. It goes without saying. Tapi yang perlu diingat adalah, menjalani hari tanpa passion bakal selalu membuat diri Passioners terasa pointless. Sebegitu pentingnya passion, sampai tiap orang kudu pursuing it.

Di masa yang tak lagi muda, bahkan banyak yang merasa hidup mereka ‘kosong’ karena tidak tahu mesti mengejar apa. Menjalani hari sebegitu lurus, rutinitas yang itu-itu saja, tidak ada gebrakan yang memuaskan jiwa. Di situlah Passioner sudah mesti berpikir untuk mencari passion lo yang sebenarnya.

Pursuing your passion bisa dimulai dari hal paling praktis, kok. Bukan hal-hal yang rumit dengan konsep abstrak cas-cis-cus yang memberatkan kepala. Berikut kiatnya untuk mencari passion lo.

Jangan takut coba hal baru

Wejangan ini selalu terdengar menarik, “Selama lo belum mencoba makanan itu, lo nggak akan pernah tahu rasanya.” Nah, ini yang bisa menjadi penyemangat lo untuk mencoba hal dan kegiatan baru. Yang Passioner pikir tidak menarik atau nggak seru, bisa saja seru dan--bagus-bagus ngomong-- Passioner malah jago melakukannya.

Mencoba hal baru juga berarti Passioner punya kesempatan untuk berinovasi dan bereksperimen. Jika merasa klop, teruskan, dan fokus.

Buat daftar kegiatan Passioner dalam seminggu, sebulan, setahun

Sederhana saja, lo cuma mesti membuat daftar kegiatan dari mulai yang cakupannya kecil, sampai besar. Ini bisa apa saja. Misalnya dalam salah satu kegiatan seminggu atau sebulan, Passioner akan berlatih tinju, ikutan kursus fotografi, atau sesederhana mengunjungi rumah yatim-piatu untuk berbagi.

Dari situ ada dua pelajaran yang bakal lo dapat: hidup yang lebih terorganisasi, bertemu banyak orang, dan tahu mana yang membuat lo paling semangat untuk mendalaminya.

Prioritaskan kegiatan yang Passioner pikir paling seru

Setelah melakukan hal di atas, Passioner dapat membuat daftar selanjutnya, menulis kegiatan apa saja yang menurut lo seru dan bermanfaat sampai yang lo paling nggak semangat untuk menjalaninya.

Dari daftar itu, mulai fokus ke hal dan kegiatan terseru. Wow, tak mesti ahli atau jago untuk bisa melakukan kegiatan tersebut, yang penting lo sudah punya motivasi yang cuma lo sendiri yang tahu. Di titik ini, Passioner sudah mulai memiliki passion yang bisa dikembangkan.

Nggak jago, tapi lo bisa = passion

Kembali ke awal poin, Passioner bisa melihat selain mana saja yang paling seru menurut lo, buat juga daftar mana saja yang ‘biasa-biasa saja’, yang lo bisa melakukannya, tapi ya standar saja. Nggak begitu motivatif, tapi nggak masalah untuk menjalaninya. Keahlian-keahlian lo ‘yang biasa-biasa saja’ itu punya kekuatan besar, lho.

Yang ini sudut pandang menarik, tapi terbukti nyata. Founder perusahaan software Silktide, Oliver Emberton, punya rahasia penting untuk mencari passion. Lo mesti menggabungkan beberapa keahlian lo yang ‘biasa-biasa saja’. Dari situ lo bisa temukan passion.

Lihat saja Steve Jobs. Dia bukan orang sales yang bagus, bukan desainer hebat, bukan engineer terbaik dunia, Tapi secara unik, dia bisa menggabungkan semua keahlian itu dan membuat sesuatu yang keren banget untuk dunia.

Passioners pun bisa menjadi seperti itu. Jika lo punya ide-ide menarik sesuai passion lo yang kira-kira punya impact positif dan keren untuk lingkungan, Passioner bisa ikutan #ProjectPassion di Passionville.

Passionville adalah tempat lo mewujudkan mimpi, merealisasikan proyek sesuai passion yang impact-nya dapat dirasakan oleh lingkungan dan orang-orang di sekitar lo. Passioner dapat mendaftarkan diri di www.passionville.id serta mengirimkan proposal proyek sesuai passion lo yang diharapkan dapat memiliki dampak positif.

Untuk menjaring proposal-proposal keren dengan impact keren untuk lingkungan, Passionville juga akan road show di beberapa kota di pulau Jawa dengan agenda seperti workshop, passion exhibition (seperti seni rupa, fotografi, otomotif, musik, dan film), sampai ke konser mini.

Segera buru passion lo sendiri melalui #ProjectPassion di Passionville!

Pantau terus informasi tentang inisiatif ini di InstagramFacebook, juga akun Twitter-nya. Semoga sukses!