Ngerasa Punya Passion di Bidang Fotografi? Lo Harus Cek 4 Tips Ini

Published by Admin on Jumat, 14 Juli 2017 20:20

Passioners, 10 tahun lalu, fotografi itu bisa dibilang kegiatan yang serius dan kesannya terbatas buat profesional aja. Tapi sejak itu, teknologi kamera dan media sosial makin berkembang pesat, dan membuat istilah fotografi jadi lebih ‘lentur’.

Sejak itu pula, kamera DSLR makin banyak dipakai orang awam, yang diem-diem punya minat besar dengan kegiatan memotret. Lalu disusul kemunculan Instagram sekitar 6 tahun lalu, makin membuat fotografi jadi lebih 'merakyat'; dan bahkan kini jadi salah satu kegiatan yang bisa jadi sumber penghasilan tambahan buat siapa pun yang punya passion di bidang itu.

Jadi, enggak heran kalau banyak dari lo semua yang sekarang juga makin berani mengekspresikan passionlo terhadap dunia fotografi. Teknologinya mendukung, dan channel-nya pun banyak banget. Lo hanya perlu tips buat ngejaga semangat untuk memotret, banyak latihan, dan memunculkan ide-ide fresh untuk projectfotografi lo!

Bawa kamera lo, kemana pun lo pergi!

Dalam dunia fotografi, momen itu pentingnya setengah mati! Percaya deh, lo enggak akan pernah tahu pasti kapan lo bisa dapetin momen yang bagus buat dipotret. Maka itu, bawa terus kamera lo. Walau pun mungkin lo cuma ke warung dekat rumah, enggak ada salahnya lo bawa kamera untuk menangkap apa saja yang menarik di sekitar lo.

Emang apa sih yang mungkin menarik di tengah perjalanan dari rumah ke warung? Yang lo harus tahu, fotografi itu bukan hanya soal menangkap peristiwa, tapi juga tentang kepekaan orang yang memotret. Nah, ini yang mesti lo latih terus!

Di tengah perjalanan dari rumah ke warung, mungkin lo liat kucing lagi duduk santai di pinggir jalan. Dengan sedikit mengubah sudut pandang —misalnya lo ambil foto si kucing dengan sudut pandang kamera setara dengan jalan— lo bakalan dapet potret kucing yang enggak biasa.

Seru kan! Intinya inget aja, kalau fotografi itu juga tentang kepekaan orang yang memotret. Jadi jangan pernah ngeremehin momen yang mungkin terjadi, dan selalu bawa kamera, agar saat ide lo muncul ketika melihat sesuatu, lo bisa tinggal angkat kamera atau smartphone lo, dan memotret.

Baca juga: Sebagai Passioners Sejati, Lo Mesti Punya 5 Ciri Ini!

Ajak orang-orang untuk jadi bagian dari minat fotografi lo

Sayang banget, kalau misalnya lo motret setiap hari, tapi cuma lo simpen aja di kamera atau smartphone.Share, share, dan share! Ajak orang sebanyak-banyaknya untuk jadi bagian dari kegiatan memotret yang lo jalanin.

Seperti dibahas sebelumnya, sekarang channel pendukungnya udah banyak banget. Lo bisa pakai Instagram, Pinterest, Flickr, dan berbagai saluran media sosial lainnya. Yang mana aja, bebas! Selama lo bisa berbagi cerita lewat fotografi dengan orang lain.

Kalau mau lebih serius, lo bisa coba untuk mengatur satu saluran khusus buat kegiatan fotografi; misal, lo bikin blog atau akun Instagram khusus buat album foto-foto lo.

Dengan berbagi, lo biasakan bakal mendapat respon dari orang lain. Entah sekadar nge-Like, atau bahkan mengomentari, respon dari orang lain biasanya bakal berperan banyak buat memicu lo untuk jadi makin oke lagi saat memotret.

Bikin project foto yang seru

Buat memanjakan minat memotret lo, bikin dan ngejalanin project fotografi yang seru adalah salah satu cara ampuh. Dengan bikin project spesial, lo bakal ngerasa punya tujuan dan semangat buat menuntaskan project itu.

Project kayak apa? Banyak banget ide project fotografi yang bisa lo gali buat di-posting di blog foto atau akun Instagram lo. Misalnya, kalau dari contoh di poin pertama artikel ini, lo bisa bikin project foto kucing liar di Jakarta. Tiap hari selama satu bulan atau 30 hari, lo bakalan memotret kucing liar yang berbeda tiap harinya.

Contoh project foto lain, lo hanya memotret apapun yang fokus pada objek yang memiliki warna merah cukup mencolok; bisa bendera Indonesia, angkutan umum berwarna merah, lampu lalu lintas saat merah sedang menyala, dan masih banyak lagi.

Project semacam ini, selain jadi tema yang unik, juga bakalan membuat lo jadi punya fokus dan lebih tertantang saat menjalani kegiatan memotret.

Baca juga: Hobi Bisa Jadi Awal Buat Mewujudkan Passion Lo!

Gabung ke komunitas atau berkumpul dengan kelompok yang punya passion sama

Seiring dengan popularitas fotografi, kini juga ada berbagai komunitas fotografi yang bisa lo ikuti. Kalau enggak percaya coba aja browsing di Google atau Facebook. Lo bakal menemukan beragam komunitas fotografi di berbagai kota di Indonesia.

Pilih yang cocok, dan coba kontak atau cari informasi, kapan mereka biasanya kumpul, atau bagaimana cara bergabungnya. Karena, dengan terlibat dalam komunitas, lo bisa berbagai tips teknis, dan bahkan ide-ide baru buat project fotografi.

Selain itu, lewat komunitas, kita juga berpeluang kenal orang baru dan menambah teman. Bahkan, bisa lewat kegiatan kolaborasi untuk project kreatif yang lebih besar dan berdampak lebih luas.

Hal itu akan membuat passion lo di bidang fotografi makin terasah. Sehingga lo makin berpeluang jadi bagian dari project seru seperti #ProjectPassion #passionville2017, yang lo bisa cek detailnya di situsnya passionville.id.

Untuk jadi bagian dari program ini, lo cuma tinggal mendaftarkan diri di situsnya, dan ajukan ide keren dari kegiatan fotografi lo! Selain kreatif, ide project lo juga mesti menjanjikan dampak positif terhadap masyarakat. Kalau sudah begitu, siapa tahu, ide lo terpilih untuk diwujudkan dengan bantuan mentoringdari para ahli.

Jadi, pantau terus aja #ProjectPassion #passionville2017 di InstagramFacebook, atau Twitter, biar memotret yang adalah passion lo, makin bisa diaktualisasikan dan membuat lo jadi bagian dari anak muda Indonesia yang produktif!

Baca juga: Sumbang dan Realisasikan Ide Lo Lewat Passionville 2017 #PassionForNation!