Tips Bikin Proposal #ProjectPassion Yang Oke

Published by Admin on Rabu, 19 Juli 2017 18:03

Setiap orang pasti punya passion dalam melakukan sesuatu, termasuk lo. Nah, lewat #Passionville2017 lo memiliki kesempatan untuk bisa mewujudkan Passion lo dalam bentuk #ProjectPassion. Pasti excited banget kan? Sekarang untuk mewujudkan #ProjectPassion, yang perlu lo lakukan adalah bikin proposal #ProjectPassion yang keren dan pastinya mewakili Passion lo. Bingung caranya gimana?

Passioners, di sini lo bakal dapetin beberapa tips bikin proposal #ProjectPassion yang OK dan dijamin irresistible. Siap? Tapi tunggu sebentar, sebelum menulis proposal project, tentunya lo harus tahu dulu, apa sih proposal project itu? Proposal project itu adalah deskripsi detil dari sebuah perencanaan dan kegiatan untuk mecahin suatu masalah. Dalam proposal project, lo harus nerangin ide yang lo tawarkan, bagaimana cara eksekusinya, dan apa impact dari ide lo itu nanti. Nah, gimana caranya supaya proposal lo kece/oke dan bisa lolos dari fase submission? Silakan simak tips berikut ini.

Tips pertama, gunakan kalimat yang jelas, singkat, dan mudah dipahami. Siapapun yang membaca proposal lo, belum tentu punya pemikiran atau pengetahuan yang sama dengan lo. Jadi, lo perlu mastiin bahwa orang yang membaca proposal itu bisa memahami ide yang lo sampaikan. Pakai kalimat yang straightforward, sederhana, dan logis. Ngga usah terlalu teknis, sebisa mungkin pakai istilah yang umum aja. Kalau perlu, lo bisa buat penjelasan tentang ide dan impact project lo dalam beberapa poin singkat, supaya lebih mudah dimengerti.

Tips kedua, susun argumen yang kuat untuk pertanyaan yang mungkin muncul. Lewat proposal, lo harus bisa meyakinkan orang tentang ide project yang lo ajukan saat submission. Untuk itu, lo perlu mikirin apa saja impact, masalah atau challenge yang mungkin muncul dari ide itu dan mulai menyusun argumen yang logis dan kuat. Caranya adalah dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya fakta dan informasi pendukung. Semakin baik lo menyiapkan argumen, semakin besar kemungkinan proposal project lo bakal diterima.

Tips ketiga, tambahkan sentuhan personal. Dalam proposal project, jangan takut untuk nunjukin passion lo, Passioners. Kasih sentuhan personal yang relevan supaya proposal lo semakin menarik untuk dibaca. Usahain orang yang baca bisa merasakan antusiasme lo dan jadi makin yakin dengan impact project lo.

Tips keempat, smart dalam penggunaan gambar. Image, foto, atau ilustrasi bisa memperkuat impact sebuah proposal, asal direncanakan dengan smart. Lo harus pakai gambar yang benar-benar mewakili ide lo. Jangan sampai gambar yang ada di proposal lo cuma jadi distraction atau malah kasi kesan yang keliru tentang project lo.

Tips kelima, don't try too hard. Yup, lo ngga perlu terlalu berlebihan menjual ide lo. Ini bisa membuat lo terkesan ngga real dan ngga credible. Keep it simple, straigtforward, and believable ya, Passioners!

Tips keenam, jangan copy-paste dan perhatikan penulisan. Ngga peduli seberapa kerennya proposal orang lain, pekerjaan copy-paste alias nyontek proposal itu ngga bisa diterima. Kalau emang lo rasa perlu, lo cukup pakai sebagai referensi atau inspirasi proposal lo. Yang juga ngga kalah penting, lo harus perhatiin penulisan semua isi proposal project lo. Jangan sampai ada salah eja alias typo ya.

Tips ketujuh, last but not least, jaga perhatian pembaca. Supaya orang betah baca proposal lo dari awal sampai akhir, pastikan proposal lo ditulis dengan satu fokus utama, didukung dengan gambar, argumen dan sentuhan personal yang sesuai.

Oke Passioners, sekarang giliran lo mulai nulis proposal untuk #ProjectPassion #Passionville2017 dengan tips di atas dan pastiin lo ngga kelewatan tanggal submission proposalnya yang akan berakhir di tanggal 28 Oktober 2017. Best of luck!