3 Hal yang Perlu Lo Ketahui Soal Tehnik Pembuatan Proposal #ProjectPassion

Published by Admin on Jumat, 21 Juli 2017 03:19

Sebagai anak muda yang aktif dan penuh passion, lo pasti hobi berkunjung ke sebuah pameran project yang seru atau melihat sebuah karya yang keren dari salah satu kreatornya. Dari sekian banyak hasil project atau karya yang uda lo sambangi, pasti ada yang paling berkesan buat lo. Mungkin itu jadi bikin lo bertanya-tanya, gimana ya caranya bikin sebuah project atau karya dengan impact se-viral itu?

Semuanya lagi-lagi berawal dari sebuah proposal. Untuk bikin sebuah project, lo perlu nulis proposal yang lebih technical. At least ada 3 hal penting yang harus lo perhatiin.

1. Great planning

Ini tahap awal dan sangat menentukan, Passioners. Untuk membuat perencanaan yang matang, lo perlu menjawab pertanyaan 5W+1H. Apa lagi sih itu? OK, anggap aja lo mau bikin proposal untuk #ProjectPassion di #Passionville2017

What – Project kayak apa yang mau lo bikin, apa impact positifnya dan apa ide kreatifnya, lalu apa tantangan yang mungkin akan timbul dalam #ProjectPassion lo.

Who – Siapa target audience lo alias siapa sih orang yang lo harapkan bisa mendapatkan atau merasakan impact dari proposal project ini.

When – Kapan #ProjectPassion lo mau dieksekusi perhatikan tanggal, hari, dan jam. Jangan sampai bentrok dengan tanggal tertentu atau hari libur yang menghambat pelaksanaan dari project lo.

Where – Di mana #ProjectPassion lo mau diselenggarain. Pemilihan tempat harus sesuai dengan konsep kreatif lo dan berdasarkan dengan kebutuhan dari lokasi #ProjectPassion akan lo adain.

Why – Kenapa lo bikin project itu, kenapa lo pilih konsep kreatif itu, dan kenapa orang harus bisa suka sama project lo. Dan apa dampak positif yang bisa dihasilkan.

How – Gimana cara mempromosikan #ProjectPassion lo ke target audiens, cara eksekusinya, dan yang paling penting, berapa kebutuhan biayanya.

2. Great Preparation

Setelah perencanaan, lo harus siapin proposal project tentang tehnik eksekusi dari konsep. Buat proposal #ProjectPassion sedetail mungkin untuk meyakinkan calon sponsor tentang impact positif dari project lo. Selain proposal, lo perlu nyiapin desain kreatif untuk keperluan media pendukung dan juga implementasi project lo. Kalau perlu, sisipin beberapa contoh desain kreatif project lo di proposal lo, Passioners (misalnya sebuah desain sebuah tempat sampah daur ulang dengan tema #Passionville2017). Ini bakal memudahkan audiens untuk dapat gambaran visual tentang konsep lo. Mereka jadi lebih paham soal ide yang lo sampaikan dan gambaran dampaknya dari yang lo rencanain.

3. Great Execution & Evaluation 

Keep in mind, siapin diri lo untuk ngadepin segala kendala yang biasanya (pasti) terjadi waktu pelaksanaan. Asal perencanaan dan persiapan lo udah 100%, hopefully lo bakal bisa ngatasin kendala apapun. Setelah project lo terpilih, tahap berikutnya yang perlu lo lakuin adalah evaluasi, yaitu menilai what has worked and what went wrong selama prosesnya. Tehnik evaluasi umumnya ada dua, evaluasi internal dan eksternal. Untuk evaluasi internal, lo sendiri yang menilai proposal project lo. Sedangkan eksternal, lo bisa ngukur sejauhmana impact #ProjectPassion lo dengan bertanya kepada audiens ataupun orang-orang sekitar lo. Hasil evaluasi ini bisa lo pakai untuk masukan buat improvement lo di project lo berikutnya.

Nah, Passioners, kumpulin sebanyak mungkin ide kreatif yang ngewakilin passion lo dari sekarang, siapin proposal #ProjectPassion untuk #Passionville2017 sekeren mungkin, dan lihat impact positif yang bisa lo ciptakan untuk negeri ini!