Sapu Ombak
TRAVELLING, SURFING
Sapu Ombak
By : Rizal Fals

Deskripsi

Sapu Ombak

Sapu Ombak merupakan gagasan project atau ide yang kami buat bersama kelompok yang bertujuan untuk menjaga lingkungan kelestarian lau dan mempromosikan wisata bahari yang ada di wilayah Malang lebih tepatnya di Pantai Lenggoksono. Pantai Lenggoksono atau yang sering disebeut BOWELE (Bolu bolu Wediawu Lenggoksono) berlokasi di wilayah Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Kegiatan dari Project yang akan dilakukan ini yaitu membersihkan lingkungan perairan laut dan menjaga kebersihan laut yang ada dilokasi Pantai Lenggoksono yaitu dengan bermain Surfing. Ombak di Pantai Lenggoksono cukup baik dan bagus untuk melakukan Surfing. Serta penduduk lokal mulai menggiat dan mempromosikan spot Surfing yang ada di Pantai Lenggoksono. Di Pantai ini atau Laut di wilayah tersebut terkadang dipenuhi sampah yang berasal dari kiriman Pantai sebelah. Penduduk lokal juga sudah sering membersihkan tetapi hanya diareal pantai saja tidak sampai ke Laut. Sehingga untuk membersihkan sampah yang ada di Laut ya harus terjun langsung ke Laut.

Yang akan kami lakukan pada project “Sapu Ombak” ini yaitu kami akan bermain Surfing. Dengan membawa kantong yang akan diikatkan di badan Surfer untuk menampung sampah – sampah yang ada di atas Laut. Kami memonitoring atau mencari sampah yang ada di Laut dengan cara Paddle atau tolak awalan surfer berenang diatas papan. Kami akan memunguti sampah – sampah tersebut satu persatu, jika kantong sudah penuh dengan sampah maka kami akan mencari ombak yang bagus dan berselancar ke darat untuk menaruh sampah yang terkumpul di kantong untuk dimasukkan ke tong sampah yang telah kami sediakan. Selain itu kami juga akan mensosialisasi kepada penduduk lokal ataupun surfer lokal untuk melakukan hal tersewbut demi terjaganya kebersihan laut di Pantai Lenggoksono.

Disamping itu, kami  juga akan mempromosikan mengenai keindahan Pantai Lenggoksono sebagai salah satu spot surfing terbaik yang dimiliki di wilayah Malang Raya, karena masih belum banyak orang ataupun wisatawan yang tahu akan keindahan salah satu spot surfing tersembunyi yang ada di wilayah Malang. Selain itu impact yang akan didapati oleh penduduk lokal yaitu meningkatkan pendapatan dari segi penjualan tiket masuk, parkir, jual makanan, jual ikan, dan les private bermain surfing.

Resiko dan Tantangan

Resiko yang akan dihadapi kemungkinan besar faktor cuaca , terkadang cuaca kurang baik dan ombak tidak baik untuk digunakan bermain surfing. Tetapi ada jam - jam atau waktu tertentu yang baik untuk bermain surfing

Tantangan yang akan dihadapi selain faktor cuaca dan ombak, juga kesadaran dari penduduk lokal akan pentingnya menjaga kebersihan laut.

Video

Budget

< 50 juta

Informasi dalam website ini ditunjukkan untuk perokok berusia 18 tahun atau lebih dan tinggal di wilayah Indonesia.